Langsung ke konten utama

Menyusun Neraca Perusahaan Dagang

November 09, 2015


Selamat pagi/siang/sore/malam :) malam ini norma akan memberikan sebuah postingan tentang bagaimana cara menyusun laporan keuangan neraca pada perusahaan dagang. 
Sebenarnya jika anda sudah menguasai benar konsep menyusun neraca pada perusahaan jasa, maka anda tidak akan mengalami kesulitan dalam mempelajari materi ini.
Karena bahasa yang digunakan dalam penjelasan kali ini menggunakan bahasa sendiri, maka dari itu harap maklum jika memang sulit untuk dipahami. Syukur alhamdulillah jika anda paham dan mengerti serta langsung mempraktekkan laporan keuangan ini.

Sebelum kita mulai membuat neraca, ada baiknya kita mengetahui apa itu neraca?

A. Pengertian Neraca

Neraca atau balance sheet adalah laporan yang menyajikan sumber-sumber ekonomis dari suatu perusahaan atau asset kewajiban-kewajibannya atau utang, dan hak para pemilik perusahaan yang tertanam dalam perusahaan tersebut atau ekuitas pemilik suatu saat tertentu. Karena neraca merupakan potret atau gambaran keadaan pada suatu saat tertentu, maka neraca merupakan status report bukan merupakan flow report.

Nah, sekarang kalian sudah mengetahui pengertian dari neraca kan?

Selanjutnya kita langsung saja belajar bentuk bentuk neraca, Sebelumnya ada sebuah kertas kerja yang akan norma sajikan. Dan berdasarkan kertas kerja tersebut akan dibuat neracanya menurut dua bentuk neraca.


Nah berdasarkan worksheet atau neraca lajur di atas, akan dibuat neraca dengan dua bentuk neraca berikut.

B. Bentuk-Bentuk Neraca 

Bentuk umum atau susunan neraca yang banyak dipakai antara lain :

·      Bentuk Skontro/Bentuk Rekening (account form)

Adalah bentuk neraca yang mengelompokkan aktiva bersebelahan dengan kelompok hutang dan modal. Neraca bentuk skontro adalah seperti gambar di bawah ini :
gambar 1.1 neraca bentuk skontro

·      Bentuk Vertikal/Bentuk Laporan (report form)

Adalah bentuk neraca yang mengelompokkan aktiva di sebelah atas kelompok hutang dan modal. Neraca bentuk vertikal adalah seperti gambar di bawah ini ;
gambar 1.2 neraca bentuk vertikal


Sekarang kalian sudah mengetahui kedua bentuk neraca tersebut kan? Lalu bagaimana dengan cara menyusunnya? Atau mungkin kalian sudah bisa menyusun neraca sendiri. Kalau sudah, berarti norma tidak usah memberikan cara penyusunan neraca kan? hehe :)

Yowis.. berhubung norma lagi baik, maka norma akan memberikan cara penyusunan neraca yang pastinya menggunakan bahasa norma sendiri. Semoga kalian semua paham yah, Amin. Kalau gak paham langsung tulis aja keluh kesahnya di kolom komentar :)

C. Cara Menyusun Neraca

a. Bentuk Skontro/Bentuk Rekening (account form)

1.  Sediakan lembar kerja Neraca
2. Tulis nama perusahaan dan periode perusahaan yang sedang berjalan jika belum tercantum nama perusahaan dan periodenya
3. Susunlah neraca sesuai dengan kelompoknya masing-masing seperti kelompok aktiva lancar, aktiva tetap dan seterusnya. Jangan lupa untuk menjumlahkan setiap kelompok tersebut
4. Neraca dengan bentuk skontro disusun dengan cara bersebelahan, hal ini akan mempermudah dalam melihat keseimbangan posisi keuangan pada perusahaan tersebut
5.  Ambil saldo setiap akun yang disusun pada neraca lajur di kolom neraca
6.  Susun neraca sesuai dengan sistematika yang benar seperti pada gambar 1.1
7. Pastikan jumlah aktiva dan pasiva seimbang, maka neraca yang kamu kerjakan sudah benar.

b. Bentuk Vertikal/Bentuk Laporan (report form)
Pada dasarnya penyusunan neraca bentuk vertical isinya sama saja dengan bentuk skontro. Hanya saja bentuknya yang berbeda. Jika neraca bentuk skontro disusun saling bersebelahan, lain halnya dengan neraca bentuk vertical yang disusun sesuai dengan namanya yaitu menurun seperti laporan. Lebih jelasnya bisa langsung melihat gambar 1.2.
Kali ini tidak dijelaskan tentang masing-masing akun tersebut, karena norma yakin semua sudah pada hapal pengertian dan kegunaan masing-masing akun. Dan juga golongan akun tersebut, iya kan? :)
Demikian postingan kali ini yang membahas tentang neraca. mohon maaf jika banyak kesalahan kata. karena norma hanya manusia biasa yang tidak luput dari dosa.
Kritik dan saran selalu norma tunggu, maka dari itu jangan lupa untuk meninggalkan jejak di blog ini. Terimakasih banyak untuk segala macam bentuk komentar yang masuk. baik itu dukungan, Kritik maupun saran akan selalu norma terima. kecuali jika anda berkomentar dengan kata-kata yang tidak pantas maka akan segera saya hilangkan.

Jika teman-teman ingin mempelajari lebih lengkap mengenai laporan keuangan perusahaan dagang ini, dan juga laporan keuangan perusahaan dagang yang lainnya. Teman-teman bisa langsung mendownload makalah menyusun laporan keuangan perusahaan dagang di bawah ini. 
Download Makalah Menyusun Laporan Keuangan Perusahaan Dagang

 

Komentar


3 tanggapan untuk "Menyusun Neraca Perusahaan Dagang"


MzUlumz pada 12:57, 09-Nov-15
terimakasihh kaka :)

Norma Ayu Febriana pada 13:32, 09-Nov-15
@MzUlumz,
oke sama sama :)


aditya lestari maaga pada 21:59, 20-Peb-16
aditya lestari maagateknn... saya pucinkk nii.. coz add tugas darii gruu.. dsruhh buadd proposal usaha.. tpii ?? akhhh gag tauu gmna cara.a ..alay detector :maho :maho



Postingan ini berasal dari blog lama saya ->  http://normayufebriana.mywapblog.com/menyusun-neraca-perusahaan-dagang.xhtml . Saya memindahkan semua postingan saya di mywapblog dikarenakan mywapblog akan ditutup tanggal  25 November 2016.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Membuat Dialog Drama Sederhana Berjudul “Terpaksa Mencuri”

Diposting oleh Norma Ayu Febriana • Di: Bahasa Indonesia August 09, 2016 Hai semuanya.. Apa kabar? Sebenarnya tulisan ini sudah lama, cuma ngga sempat posting aja. Ya sudah langsung saja kita ke intinya. Berhubung norma sedang mengamuk di rumah (maksudnya lagi beres-beres semua buku dari mulai TK, SD, TPA, SMP + SMK), daripada semuanya dibuang percuma mendingan saya bagikan saja disini. Iya kan?:) Jadi kali ini norma akan membagikan sebuah tugas waktu kelas 8 SMP. Yaitu tugas untuk membuat sebuah drama, ya drama singkat gitu sih.. Langsung saja simak dialognya di bawah ini :) Terpaksa Mencuri Para pelaku drama: 1. Annisa 2. Selvi 3. Leni 4. Norma 5. Afifah 6. Rima Di siang hari yang panas, para pengurus OSIS sedang mengadakan rapat yang membahas tentang "BAKTI SOSIAL". Selvi : "Oh iya Norma, sudah berapa banyak uang yang terkumpul untuk bakti sosial?" Leni :

Membuat Puisi Ulang Tahun Kota Tegal Berjudul "TEGAL KOTAKU”

Diposting oleh Norma Ayu Febriana • Di: Bahasa Indonesia August 09, 2016 Setelah beberapa menit yang lalu memposting sebuah dialog drama singkat, kali ini norma akan membawakan sebuah puisi untuk kalian semua. Jangan harap kalau ini adalah puisi romantis yah, kalian salah besar kalau begitu. Sebenarnya sih puisi ini udah kadaluarsa (kayak makanan ringan aja) karena udah lama banget. Seperti postingan sebelumnya yang lahir pada saat sang pemilik blog kelas 8 SMP, puisi ini pun demikian. Tujuan dari pembuatan puisi ini adalah untuk memperingati Ulang Tahun Sang Kota Tercinta yaitu Kota Tegal :*. Sebenarnya sih ini tugas dari guru bahasa Indonesia saat itu. Waktu itu saya dan teman-teman satu kelas disuruh buat puisi tentang Kota Tegal dalam waktu itu juga, saat pelajaran Bahasa Indonesia #tragisbanget,ckck. Karena saat itu gak mudah cari inspirasi, tapi akhirnya jadi juga. Kebiasaannya saya kalau b

TALIBUN 6 LARIK

Diposting oleh Norma Ayu Febriana • Di: Bahasa Indonesia November 16, 2014        Selamat siang semuanya... Ketemu lagi sama Norma yang kebetulan lagi pengin posting. Hmm.. Sekalian ngilangin badmood kan gak papa yah.. Daripada ngelakuin hal yang enggak berguna, mendingan posting di blog.    Kali ini Norma mau berbagi talibun sama kamu semua. Ini talibun hak cipta temen-temen. Hehe, tapi udah ijin kok buat di posting. :)      Semoga talibun 6 lariknya bermanfaat yah kawan.. :) A. Pengertian Talibun 6 Larik      Talibun sendiri adalah sejenis puisi lama seperti pantun karena mempunyai sampiran dan isi , tetapi lebih dari 4 baris ( mulai dari 6 baris hingga 20 baris). Berirama abc-abc, abcd-abcd, abcde-abcde, dstnya . Jadi postingan saya kali ini hanya akan membahas tentang talibun 6 larik. Sedangkan pada postingan selanjutnya akan dibahas talibun 8 larik. B. Tema Talibun      Tema tali