Langsung ke konten utama

Menyusun Laporan Laba Rugi Perusahaan Dagang

November 09, 2015


assalamu'alaikum ,, 
Apa kabar teman-teman semua? Kali ini norma akan membagikan postingan yang berisi tentang cara penyusunan laporan laba rugi pada perusahaan dagang. Sebelumnya norma udah postingin cara menyusun neraca dan silakan cari sendiri di kategori akuntansi.

Oke berhubung hari sudah malam, maka langsung saja kita bahas satu per satu. pertama kita akan membahas pengertian laporan laba rugi

A. Pengertian Laporan Laba Rugi

Laporan laba-rugi merupakan laporan yang sistematis tentang penghasilan dan biaya suatu perusahaan pada suatu periode tertentu.
Menurut PAI : “Perhitungan rugi/laba perusahaan harus disusun sedemikian rupa, sehingga dapat memberikan gambaran dari besarnya kegiatan perusahaan dan hasil dari kegiatan itu”
Beban usaha pada perusahaan dagang dibedakan antara biaya penjualan dan biaya umum dan administrasi
·      Biaya penjualan adalah biaya-biaya yang digunakan untuk kegiatan penjualan seperti beban gaji penjualan, beban iklan, beban perlengkapan toko, beban penyusutan gedung toko, dan biaya-biaya lainnya yang berhubungan dengan kegiatan perusahaan.
·      Biaya umum dan administrasi adalah beban usaha yang bersifat umum, atau biaya yang tidak termasuk dalam biaya penjualan. Biaya ini tidak mempunyai hubungan langsung dengan penjualan. Biaya umum dan administrasi itu antara lain biaya gaji bagian umum, biaya sewa, biaya surat-menyurat, dan biaya-biaya yang digunakan di kantor pusat.
Biaya penjualan serta biaya umum dan administrasi perlu dibedakan agar pengeluaran kedua jenis biaya tersebut dapat dianalisis. Dengan cara ini, misalnya, dapat dianalisis perbandingan antara jumlah penjualan dengan biaya promosi.

B. Bentuk Laporan Laba Rugi

Sebelum menjelaskan bentuknya, seperti biasa akan ada neraca lajur yang akan saya tampilkan. Dan berdasarkan neraca lajur tersebut, akan dibuat laporan laba rugi sesuai dengan kedua bentuknya.

Bentuk yang biasa dipakai adalah bentuk stafel, cara penyusunannya ada dua macam :
·                Bentuk Langsung (Single step)

Laporan laba rugi bentuk single step tidak membedakan antara biaya untuk kegiatan usaha utama dan biaya untuk kegiatan di luar usaha utama. Laporan laba rugi bentuk ini juga tidak membedakan antara biaya penjualan dan biaya umum. Dengan bentuk penyajian demikian, laporan laba rugi single step kurang dapat diandalkan sebagai bahan untuk membuat analisis. Misalnya, kita dapat mengetahui
apakah perusahaan cukup efektif menggunakan sumber dayanya untuk menghasilkan penjualan apabila biaya penjualan diketahui. 
gambar 1.3 laporan laba rugi single step

·      Bentuk Bertahap (multiple step)

Laporan laba rugi bentuk multiple step memisahkan biaya penjualan dengan biaya umum dan administrasi. Laporan ini juga memisahkan pendapatan usaha dengan pendapatan di luar usaha. Pemisahan itu sangat berguna untuk menganalisis variabel-variabel yang saling berhubungan. Misalnya, apakah pemanfaatan biaya penjualan terhadap omzet penjualan cukup efektif. Untuk mengetahui efektivitas pemanfaatan biaya penjualan terhadap omzet penjualan, perlu dilihat perusahaan sejenis. Dengan membandingkan data perusahaan dengan data perusahaan sejenis, dapat disimpulkan apakah penggunaan biaya pada perusahaan sudah rasional dan efektif. Jika tidak efektif dan efisien, perlu dicari dimana kesalahannya. 
Jika biaya penjualan dan biaya umum dan administrasi tidak dipisahkan, makapihak manajemen akan sulit membuat analisis. Oleh karena itu, laporan
Laba rugi hendaknya disusun dalam bentuk multiple step. Pada kenyataannya, memang lebih banyak perusahaan yang menyukai dan menggunakan laporan laba rugi multiple step.


Berhubung gambar laporan laba rugi multiple step susah sekali untuk di upload. Maka akan diubah formatnya menjadi pdf dan ternyata berhasil di upload. Jadi, teman-teman harus meluangkan waktu untuk mendownloadnya disini.

Download Laporan Laba Rugi Multiple Step


C. Cara Menyusun Laporan Laba Rugi

Cara menyusun laporan laba rugi single-step :

1.  Sediakan lembar kerja Laporan Laba-Rugi
2. Tulis nama perusahaan dan periode perusahaan yang sedang berjalan jika belum tercantum nama perusahaan dan periodenya
3. Susun Laporan Laba-Rugi dengan melihat kolom laba rugi pada neraca lajur.
4.  Tulis pendapatan dan beban tanpa membedakan antara penghasilan utama dan di luar operasional begitu juga dengan beban
5. Konsep pada laporan laba rugi bentuk single step hanya untuk mengurangi penjualan dengan beban-beban yang ada tanpa memperhatikan dan menganalisis lebih lanjut pada kelompok-kelompok tertentu. Seperti beban penjualan dan beban administrasi dan umum.
6. Setelah mengurangi semua penghasilan dengan semua beban maka akan diperoleh laba bersih, dan tentu jika sudah dikurangi dengan beban pajak tahun tersebut, akan diperoleh laba bersih setelah pajak.
7. Untuk lebih jelasnya bisa dilihat pada gambar 1.3.

Cara menyusun laporan laba rugi multiple-step :

1. Sediakan lembar kerja Laporan Laba-Rugi
2. Tulis nama perusahaan dan periode perusahaan yang sedang berjalan jika belum tercantum nama perusahaan dan periodenya
3. Susun Laporan Laba-Rugi dengan melihat kolom laba rugi pada neraca lajur.
4.Tulis pendapatan dan beban dengan mengelompokkannya sesuai dengan kelompoknya masing-masing
5. Utamakan pendapatan dan beban utama setelah itu baru pendapatan dan beban di luar operasional
6. Jangan lupa untuk menjumlahkan setiap kelompoknya agar memperinci laporan dan mempermudah dalam menganalisisnya.
7. Untuk lebih jelasnya bisa dilihat pada gambar 1.4

Nah, itu dia pembahasan mengenai cara penyusunan laporan laba rugi pada perusahaan jasa. Jangan lupa untuk meninggalkan jejak kalian di kolom komentar. Walaupun hanya sekedar mampir ataupun saling menyapa xD

Jika teman-teman ingin mempelajari laporan keuangan pada perusahaan dagang yang lainnya. Teman-teman bisa langsung mendownload makalah penyusunan laporan keuangan di bawah ini. Jika tidak, teman-teman bisa mengikuti postingan saya berikutnya dan tentunya di kategori akuntansi.
Makalah Menyusun Laporan Keuangan Perusahaan Dagang

Oke. Sekian dulu. dan sampai jumpa lagi :)


Komentar


3 tanggapan untuk "Menyusun Laporan Laba Rugi Perusahaan Dagang"


Neneng widiawati pada 14:19, 09-Nov-15
Mantap sob
mampir yahh


Putri Septiani pada 14:47, 09-Nov-15
Mkasih , sangat bermanfaat ,,

Arif Al Ghifari pada 15:09, 09-Nov-15

Sy sudah lupa :)

Postingan ini berasal dari blog lama saya ->  http://normayufebriana.mywapblog.com/menyusun-laporan-laba-rugi-perusahaan-da-2.xhtml . Saya memindahkan semua postingan saya di mywapblog dikarenakan mywapblog akan ditutup tanggal  25 November 2016.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Membuat Dialog Drama Sederhana Berjudul “Terpaksa Mencuri”

Diposting oleh Norma Ayu Febriana • Di: Bahasa Indonesia August 09, 2016 Hai semuanya.. Apa kabar? Sebenarnya tulisan ini sudah lama, cuma ngga sempat posting aja. Ya sudah langsung saja kita ke intinya. Berhubung norma sedang mengamuk di rumah (maksudnya lagi beres-beres semua buku dari mulai TK, SD, TPA, SMP + SMK), daripada semuanya dibuang percuma mendingan saya bagikan saja disini. Iya kan?:) Jadi kali ini norma akan membagikan sebuah tugas waktu kelas 8 SMP. Yaitu tugas untuk membuat sebuah drama, ya drama singkat gitu sih.. Langsung saja simak dialognya di bawah ini :) Terpaksa Mencuri Para pelaku drama: 1. Annisa 2. Selvi 3. Leni 4. Norma 5. Afifah 6. Rima Di siang hari yang panas, para pengurus OSIS sedang mengadakan rapat yang membahas tentang "BAKTI SOSIAL". Selvi : "Oh iya Norma, sudah berapa banyak uang yang terkumpul untuk bakti sosial?" Leni :

Membuat Puisi Ulang Tahun Kota Tegal Berjudul "TEGAL KOTAKU”

Diposting oleh Norma Ayu Febriana • Di: Bahasa Indonesia August 09, 2016 Setelah beberapa menit yang lalu memposting sebuah dialog drama singkat, kali ini norma akan membawakan sebuah puisi untuk kalian semua. Jangan harap kalau ini adalah puisi romantis yah, kalian salah besar kalau begitu. Sebenarnya sih puisi ini udah kadaluarsa (kayak makanan ringan aja) karena udah lama banget. Seperti postingan sebelumnya yang lahir pada saat sang pemilik blog kelas 8 SMP, puisi ini pun demikian. Tujuan dari pembuatan puisi ini adalah untuk memperingati Ulang Tahun Sang Kota Tercinta yaitu Kota Tegal :*. Sebenarnya sih ini tugas dari guru bahasa Indonesia saat itu. Waktu itu saya dan teman-teman satu kelas disuruh buat puisi tentang Kota Tegal dalam waktu itu juga, saat pelajaran Bahasa Indonesia #tragisbanget,ckck. Karena saat itu gak mudah cari inspirasi, tapi akhirnya jadi juga. Kebiasaannya saya kalau b

TALIBUN 6 LARIK

Diposting oleh Norma Ayu Febriana • Di: Bahasa Indonesia November 16, 2014        Selamat siang semuanya... Ketemu lagi sama Norma yang kebetulan lagi pengin posting. Hmm.. Sekalian ngilangin badmood kan gak papa yah.. Daripada ngelakuin hal yang enggak berguna, mendingan posting di blog.    Kali ini Norma mau berbagi talibun sama kamu semua. Ini talibun hak cipta temen-temen. Hehe, tapi udah ijin kok buat di posting. :)      Semoga talibun 6 lariknya bermanfaat yah kawan.. :) A. Pengertian Talibun 6 Larik      Talibun sendiri adalah sejenis puisi lama seperti pantun karena mempunyai sampiran dan isi , tetapi lebih dari 4 baris ( mulai dari 6 baris hingga 20 baris). Berirama abc-abc, abcd-abcd, abcde-abcde, dstnya . Jadi postingan saya kali ini hanya akan membahas tentang talibun 6 larik. Sedangkan pada postingan selanjutnya akan dibahas talibun 8 larik. B. Tema Talibun      Tema tali