Langsung ke konten utama

Menyusun Laporan Arus Kas Perusahaan Dagang (Metode Tidak Langsung)

November 10, 2015

Bonsoir... selamat datang kembali di blognya norma :) kali ini kita akan melanjutkan pembahasan mengenai laporan keuangan yang ada di perusahaan dagang. Dan berhubung laporan ini memiliki dua metode dan penjelasannya lumayan panjang, maka postingannya akan dipisah untuk memudahkan dalam mempelajarinya.

Jadi, di postingan kali ini .. bertepatan dengan hari pahlawan 10 November, kita akan membahas laporan arus kas pada perusahaan dagang dengan menggunakan metode tidak langsung.
Oke, langsung saja kita mulai dengan pengertiannya.

A. Pengertian Laporan Arus Kas

Laporan arus kas adalah laporan yang menunjukkan aliran masuk dan keluar uang tunai (kas) perusahaan.
Dalam penyajiannya, laporan arus kas dibagi dalam tiga kelompok yaitu :
#     Aktivitas operasional (operating activities)
Adalah kelompok yang meliputi seluruh transaksi dan kegiatan lainnya yang tidak termasuk di dalam kegiatan investasi maupun pembiayaan perusahaan. Secara lebih jelas, arus kas yang berasal dari kegiatan operasional meliputi arus kas dari kegiatan produksi, distribusi barang dan penyediaan jasa. Arus kas dari kegiatan operasi adalah arus kas hasil dari transaksi dan kegiatan lainnya yang ikut menentukan laba bersih.
#     Aktivitas investasi (investing activities)
Adalah kelompok yang meliputi pembelian dan penagihan piutang, pengembalian persediaan barang dagang, pembayaran pinjaman, pengadaan serta penjualan ekuitas dan harta kekayaan perusahaan (tanah), bangunan, dan peralatan serta aktiva-aktiva produktif lainnya, yaitu aktiva yang digunakan oleh perusahaan untuk melakukan produksi barang dan jasa.
#     Aktivitas pendanaan atau pembiayaan (financing activities)
Adalah kelompok yang meliputi perolehan sumber daya dari para pemilik dan pemberian hasil atas investasi yang telah dilakukan, peminjaman, serta pembayaran kembali hutang oleh pemiliknya atau sebaliknya penyelesaian kewajiban perusahaan kepada pemilik, dan perolehan serta pembayaran sumber daya lainnya yang berasal dari pembiayaan jangka panjang.
B. Metode Penyusunan Laporan Arus Kas

Dalam aktivitas operasi, ada dua jenis metode yang digunakan dalam penyusunan laporan arus kas ini. Yaitu :
1. Metode Tidak Langsung
2. Metode Langsung
Kali ini kita akan membahas laporan arus kas dengan metode tidak langsung. Untuk itu kita harus mengerti  penjelasan dari metode tidak langsung
.
Laporan arus kas metode tidak langsung dimulai dengan laba bersih yang dilaporkan dalam laporan laba-rugi, dan menyesuaikan nilai akrual ini untuk setiap hal yang tidak mempengaruhi arus kas.

Penyesuaian yang dilakukan tercakup dalam tiga hal, yaitu :
1. Penyesuaian untuk perubahan-perubahan dalam aktiva dan kewajiban lancar yang mengindikasikan sumber-sumber pendapatan dan beban-beban non kas.
2. Pendapatan dan beban yang tidak melibatkan arus kas masuk dan arus kas keluar.

     3. Keuntungan dan kerugian karena aktivitas investasi atau aktivitas pendanaan.


gambar 1.6 laporan arus kas metode tidak langsung

C. Cara Menyusun Laporan Arus Kas Metode Tidak Langsung

Sebelum kita mulai menyusun laporan arus kas dengan metode ini, kita perlu menyiapkan laporan laba rugi dan neraca perbandingannya terlebih dahulu. Sebenarnya soal ini saling berkaitan dengan postingan norma yang sebelumnya. Jadi teman-teman jangan sampai bingung.
Untuk mengingatnya kembali, akan norma tampilkan kertas kerja/neraca lajur dari soal ini.


Dan hal pertama yang dibutuhkan dalam menyusun laporan arus kas adalah laporan laba rugi. Laporan laba rugi telah diposting dan dijelaskan sebelumnya dalam postingan "Menyusun Laporan Laba Rugi Perusahaan Dagang" . Tapi agar tidak usah kesana kemari, akan norma tampilkan penampakan laporan tersebut di bawah ini. Tentunya menggunakan bentuk laporan laba rugi yang multiple step agar memudahkan dalam penyusunan laporan arus kas. Dan mohon maaf, jika teman-teman harus mendownload laporan laba rugi dengan format pdf, karena sulitnya mengupload laporan laba rugi multiple step ini.

Laporan Laba Rugi Multiple Step


Langsung saja akan dijelaskan tahap demi tahap dalam menyusun laporan arus kas metode tidak langsung ini. Enjoy!

1. Sediakan lembar kerja Laporan arus kas
2. Tulis nama perusahaan dan periode perusahaan yang sedang berjalan jika belum tercantum nama perusahaan dan periodenya
3. Sebelum membuat laporan arus kas dengan metode tidak langsung, isi dahulu kolom-kolom neraca perbandingan yang sudah tersedia dan tulis perubahan yang terjadi pada setiap perkiraan. Lebih jelasnya kita dapat melihat pada gambar 1.6.1
gambar 1.6.1 neraca perbandingan

4. Setelah membuat neraca perbandingan, mulailah menyusun laporan arus kas. Konsep laporan arus kas metode tidak langsung adalah dengan menyesuaikan laba bersih setelah pajak yang sudah diperoleh dengan perkiraan-perkiraan yang telah mengalami perubahan. Sebenarnya perbedaan metode tidak langsung dengan metode langsung hanya terletak pada aktivitas operasi. Untuk aktivitas investasi dan aktivitas pendanaan selalu sama.
5. Kita hanya membutuhkan beberapa dokumen seperti laporan laba rugi dan neraca perbandingan serta beberapa informasi yang penting lainnya terkait penyusunan laporan arus kas.
6. Lihat nilai laba bersih setelah pajak pada laporan laba rugi dan tulis pada bagian atas laporan arus kas yang ikut dalam kelompok aktivitas operasi.
7. Setelah menulis laba bersih setelah pajak, utamakan menulis beban depresiasi yang terjadi dan tulis sebesar nilai yang tercantum dalam laporan laba rugi. Unsur ini akan menambah dalam kelompok aktivitas operasi karena pada laporan laba rugi unsur ini telah mengurangi jumlah laba yang diperoleh.
8. Lalu tulis rugi penjualan aktiva tetap sebagai unsur yang menambah pada kelompok aktivitas operasi.
9. Setelah itu, mulailah menyesuaikan perkiraan yang mengalami perubahan naik atau turun pada neraca perbandingan. Perkiraan yang digunakan hanya aktiva lancar selain kas dan setara kas, juga kewajiban lancar. Untuk lebih jelasnya bisa lihat pada gambar 1.6
10. Aturan mainnya jika saldo normal perkiraan debet, maka jika terjadi kenaikan maka akan mengurangi pada aktivitas operasi dan sebaliknya. Lain halnya dengan perkiraan yang bersaldo normal kredit, maka jika terjadi kenaikan akan menambah pada aktivitas operasi dan sebaliknya. Lakukan seterusnya sampai semua perkiraan yang memiliki ciri-ciri tersebut sudah dimasukkan semua.
11. Setelah semua akun aktivitas operasi masuk, jumlahkan dan beri keterangan, misalnya “arus kas bersih dari aktivitas operasi”
12. Selanjutnya untuk aktivitas investasi, kita akan melihat lagi neraca perbandingan pada perkiraan aktiva tetap.
13. Jika terjadi kenaikan aktiva tetap berarti terjadi pembelian aktiva tetap dan kita mengeluarkas kas. Untuk itu tulis sebesar selisih aktiva tersebut. Tetapi jika aktiva tetap turun yang berarti terjadi penjualan, maka untuk menentukan nilai yang akan digunakan, lihat lagi pada keterangan yang tersedia pada lembar soal. Seperti contoh di atas terjadi penjualan kendaraan sebesar Rp 80.000.000,00 maka tulislah sebesar nilai penjualannya. Karena nilai itu adalah jumlah kas yang diperoleh perusahaan. Biasanya keterangan seperti itu dapat kita temui pada awal soal atau pada soal jurnal penyesuaian.
14. Jangan lupa untuk menjumlahkan pada kelompok ini dan beri keterangan, misalnya “arus kas yang digunakan untuk aktivitas investasi”
15. Selanjutnya pada aktivitas pendanaan lihat pada neraca perbandingan kewajiban tidak lancar atau kewajiban jangka panjang dan juga modal. Seperti pada soal di atas, utang jangka panjang terjadi penurunan. maka hal ini akan mengurangi pada kelompok pendanaan karena kita mengeluarkan kas untuk membayarnya. Setelah itu modal saham juga terlihat mengalami kenaikan, maka akan menambah kelompok pendanaan karena kita memperoleh kas.
16. Untuk bagian dividend, biasanya ada keterangan seperti pada penjualan kendaraan di atas. Pada soal ini, sebenarnya ada keterangan yang menyebutkan bahwa dividend yang dibagi pada para pesero berjumlah Rp 160.000.000,00
17. Selalu jumlahkan setiap kelompok aktivitas. Lalu total semua jumlah aktivitas. Jika hasilnya positif maka akan menambah kas dan setara kas dan sebaliknya.
18. Selanjutnya tambahkan hasil tadi dengan kas dan setara kas pada akhir tahun lalu. Seperti dalam neraca perbandingan tahun 2012 nilai kas di bank Rp 234.735.000,00 , kas kecil Rp 9.900.000,00 , surat berharga  Rp 46.600.000,00 . dan hasilnya adalah Rp 291.235.000,00 . untuk lebih jelasnya bisa lihat pada gambar 1.6 dan jangan lupa beri keterangan.
19. Setelah mengetahui hasilnya, itu adalah hasil kas dan setara kas pada akhir Desember 2013 yang mana terdiri dari kas di bank Rp 333.316.460,00 , kas kecil    Rp 9.250.000,00 , surat berharga Rp 21.000.000,00. Dan hasilnya Rp 363.566.460,00
20. Maka itulah cara penyusunan laporan arus kas metode tidak langsung.


Itu dia 20 tahap yang sudah dijabarkan menggunakan bahasa norma sendiri, :) semoga teman-teman bisa mempelajarinya dengan baik dan mengerti dengan jelas. Kalau gak jelas tanya aja di kolom komentar. Dan mohon maaf kalau ada kesalahan karena norma juga masih dalam tahap belajar sama seperti teman-teman.
Jadi, mulai sekarang jangan pernah bilang lagi kalau laporan arus kas itu sulit. Teman-teman harus bisa mengatasi kesulitan itu dengan terus berlatih dan berusaha. 
Sekian postingan norma kali ini. Jangan lupa untuk membuka postingan berikutnya yang membahas laporan arus kas dengan metode langsung. Dan tentunya sediakan minuman atau makanan ringan biar gak pusing saat mempelajarinya. wkkw xD

Oh ya, kalau teman-teman ingin mempelajari laporan keuangan pada perusahaan dagang yang lainnya. Teman-teman bisa mendownload makalah menyusun laporan keuangan perusahaan dagang di bawah ini. 

Komentar


9 tanggapan untuk "Menyusun Laporan Arus Kas Perusahaan Dagang (Metode Tidak Langsung)"


deky pada 16:34, 23-Nov-15
Knapa analisis perubahan kas pada posisi debit terjadi pengeluaran kas pada neraca perbandingan

deky pada 16:36, 23-Nov-15
Knapa analisis perubahan kas pada posisi debit terjadi pengeluaran kas pada neraca perbandingan

Norma Ayu Febriana pada 01:02, 24-Nov-15
@deky,
Maaf, maksud pertanyaan Anda itu gimana yah ?
posisi kas memang mengalami perubahan karena telah dibandingkan dengan neraca tahun sebelumnya.


Andri Septian pada 07:15, 07-Des-15
Aha lumayan ngerti nih, maklum anak ipa ga diajarin itu

Elvis pada 09:02, 14-Des-15
Mbak, kalo di kas penerimaan yang di lampirkan piutang perusahaan atau pelunasan piutang ?

Norma Ayu Febriana pada 05:06, 15-Des-15
@Elvis,
di penerimaan kas ? itu laporan arus kas metode langsung atau bukan ? kalau metode langsung lihat saja cara yang sudah disampaikan di cara membuat laporan arus kas metode langsung. cari saja posting mengenai itu .
kalau metode tidak langsung bisa dipelajari seperti postingan di atas


cici pada 13:15, 19-Peb-16
thanks

wego pada 21:16, 28-Jun-16
minta pin bb dnk kaaaaa cantik

Norma Ayu Febriana pada 21:59, 28-Jun-16
@wego,
maafkan saya yg gak mainan bbm :)


Postingan ini berasal dari blog lama saya ->  http://normayufebriana.mywapblog.com/menyusun-laporan-arus-kas-perusahaan-dag.xhtml . Saya memindahkan semua postingan saya di mywapblog dikarenakan mywapblog akan ditutup tanggal  25 November 2016.

Komentar

  1. Aku baru belajar tentang Arus Kas.... Susahnyaa -_-

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semangat yaa.. kalau sudah terbiasa pasti mudah :)

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Membuat Dialog Drama Sederhana Berjudul “Terpaksa Mencuri”

Diposting oleh Norma Ayu Febriana • Di: Bahasa Indonesia August 09, 2016 Hai semuanya.. Apa kabar? Sebenarnya tulisan ini sudah lama, cuma ngga sempat posting aja. Ya sudah langsung saja kita ke intinya. Berhubung norma sedang mengamuk di rumah (maksudnya lagi beres-beres semua buku dari mulai TK, SD, TPA, SMP + SMK), daripada semuanya dibuang percuma mendingan saya bagikan saja disini. Iya kan?:) Jadi kali ini norma akan membagikan sebuah tugas waktu kelas 8 SMP. Yaitu tugas untuk membuat sebuah drama, ya drama singkat gitu sih.. Langsung saja simak dialognya di bawah ini :) Terpaksa Mencuri Para pelaku drama: 1. Annisa 2. Selvi 3. Leni 4. Norma 5. Afifah 6. Rima Di siang hari yang panas, para pengurus OSIS sedang mengadakan rapat yang membahas tentang "BAKTI SOSIAL". Selvi : "Oh iya Norma, sudah berapa banyak uang yang terkumpul untuk bakti sosial?" Leni :

Membuat Puisi Ulang Tahun Kota Tegal Berjudul "TEGAL KOTAKU”

Diposting oleh Norma Ayu Febriana • Di: Bahasa Indonesia August 09, 2016 Setelah beberapa menit yang lalu memposting sebuah dialog drama singkat, kali ini norma akan membawakan sebuah puisi untuk kalian semua. Jangan harap kalau ini adalah puisi romantis yah, kalian salah besar kalau begitu. Sebenarnya sih puisi ini udah kadaluarsa (kayak makanan ringan aja) karena udah lama banget. Seperti postingan sebelumnya yang lahir pada saat sang pemilik blog kelas 8 SMP, puisi ini pun demikian. Tujuan dari pembuatan puisi ini adalah untuk memperingati Ulang Tahun Sang Kota Tercinta yaitu Kota Tegal :*. Sebenarnya sih ini tugas dari guru bahasa Indonesia saat itu. Waktu itu saya dan teman-teman satu kelas disuruh buat puisi tentang Kota Tegal dalam waktu itu juga, saat pelajaran Bahasa Indonesia #tragisbanget,ckck. Karena saat itu gak mudah cari inspirasi, tapi akhirnya jadi juga. Kebiasaannya saya kalau b

TALIBUN 6 LARIK

Diposting oleh Norma Ayu Febriana • Di: Bahasa Indonesia November 16, 2014        Selamat siang semuanya... Ketemu lagi sama Norma yang kebetulan lagi pengin posting. Hmm.. Sekalian ngilangin badmood kan gak papa yah.. Daripada ngelakuin hal yang enggak berguna, mendingan posting di blog.    Kali ini Norma mau berbagi talibun sama kamu semua. Ini talibun hak cipta temen-temen. Hehe, tapi udah ijin kok buat di posting. :)      Semoga talibun 6 lariknya bermanfaat yah kawan.. :) A. Pengertian Talibun 6 Larik      Talibun sendiri adalah sejenis puisi lama seperti pantun karena mempunyai sampiran dan isi , tetapi lebih dari 4 baris ( mulai dari 6 baris hingga 20 baris). Berirama abc-abc, abcd-abcd, abcde-abcde, dstnya . Jadi postingan saya kali ini hanya akan membahas tentang talibun 6 larik. Sedangkan pada postingan selanjutnya akan dibahas talibun 8 larik. B. Tema Talibun      Tema tali