Langsung ke konten utama

Membuat Puisi Ulang Tahun Kota Tegal Berjudul "TEGAL KOTAKU”

August 09, 2016
Setelah beberapa menit yang lalu memposting sebuah dialog drama singkat, kali ini norma akan membawakan sebuah puisi untuk kalian semua. Jangan harap kalau ini adalah puisi romantis yah, kalian salah besar kalau begitu.
Sebenarnya sih puisi ini udah kadaluarsa (kayak makanan ringan aja) karena udah lama banget. Seperti postingan sebelumnya yang lahir pada saat sang pemilik blog kelas 8 SMP, puisi ini pun demikian.
Tujuan dari pembuatan puisi ini adalah untuk memperingati Ulang Tahun Sang Kota Tercinta yaitu Kota Tegal :*. Sebenarnya sih ini tugas dari guru bahasa Indonesia saat itu. Waktu itu saya dan teman-teman satu kelas disuruh buat puisi tentang Kota Tegal dalam waktu itu juga, saat pelajaran Bahasa Indonesia #tragisbanget,ckck. Karena saat itu gak mudah cari inspirasi, tapi akhirnya jadi juga. Kebiasaannya saya kalau bikin tugas mulai paling terakhir tapi selesai lebih dulu, haha.
Tapi tak disangka-sangka besoknya seorang norma yang bikin puisinya sederhana, dipanggil sang guru Bahasa Indonesia dan puisinya terpilih untuk mengikuti lomba. APPAAHHH??? Kenapa gak orang lain coba? Hmmm bukannya saya gak bersyukur, tapi dari semua kelas 8, masa punya saya yang bikin puisi sesingkat-singkatnya yang dipilih sih??… haha.
Akhirnya saya sadar dan segera menyalinnya ke dalam kertas folio agar terlihat rapi. Tentunya dengan sedikit perbaikan dari sang master (sang guru maksudnya). Katanya biar lebih SEMPURNA, kaya judul lagu aja :)
Sudahlah, daripada kalian penasaran, langsung saja baca puisinya di bawah. Jangan keras-keras ya, takut tetangga marah :)

TEGAL KOTAKU

 

Tegal..
Kota yang penuh dengan keramaian,
Kota yang penuh dengan keindahan,
Kota yang penuh dengan harapan,
Kota yang penuh dengan kenangan,
Sarat budaya nan beragam...


Rakyatnya...
Hidup penuh perjuangan...
Dengan semangat gotong royong yang tinggi
Saling menghargai,
Saling menghormati,
Dalam menggapai cita abadi...
Membangun Kota Tegalku Kota Bahari...


Disini...
Ku menaruh harapan
Ku menaruh impian
Ku menaruh cita-cita
Dengan belajar, belajar dan belajar


Hari ini, 12 April 2012
Genap sudah usiamu 432 tahun
Selamat kotaku...
Semoga engkau bertambah jaya
Makmur rakyatnya,
Indah kotanya
Nyaman terasa di setiap hati bangsa


Wahai kotaku tercinta...
Aku bangga dilahirkan di kota ini
Kau begitu banyak kemajuan...


Betapa...
Pantaimu yang indah
Memberikan berjuta kekayaan...
Memberikan kejayaan, kehidupan
Bagi para nelayan...


Taman-taman yang rindang
Menjadi tempat bocah-bocah bermain
Melepas lelah, riang gembira
Penuh gairah...


Oh... Kota Tegal...
Mungkin aku ini hanya secuil orang...
Yang tak berharga
Yang tak dikenal banyak orang...


Tapi...
Aku kenal siapa dirimu...
Karena aku punya
Banyak cerita tentangmu
Yang kutahu dalam
Catatan diarymu
Sejarah Kota Tegal...


Selamat Ulang Tahun Kota Tegal...
Sukses dan jaya selalu...
Oke fix! Gimana? Puisinya bikin baper kalian gak? Haha.. Sepertinya tidak yah.. Baiklah lupakan.. Lebih baik Anda bertanya mengapa saya posting puisi ini. Ya, karena puisi yang gak sengaja ikut lomba dan gak sengaja saya tulis alhamdulillah mendapatkan juara 2. Yippie… Bukannya mau berlebihan atau menyombongkan diri, karena niat saya menulis blog adalah berbagi. Saya juga tidak menyangka jika puisi ini bisa mendapat juara. Dapet juara aja seneng ditambah dapat uang gimana gak guling-guling? Haha..
Baiklah semoga puisi di atas menginspirasi kalian dalam membuat puisi, yang pasti bukan puisi romantis, eh terserah kalian aja lah. Sekalian bikin lagu juga boleh.. :) Jangan lupa untuk meninggalkan komentar kamu di bawah yah. Kasian sekali blog ini, ada pengunjung tetapi tidak ada jejak, bagaimana jika tidak ada pengunjung? Ayolaaahh jangan membuat norma gulung tikar, ckck :p
Jangan lupa main ke postingan sebelumnya ya dan terus nantikan postingan berikutnya.

Komentar


1 tanggapan untuk "Membuat Puisi Ulang Tahun Kota Tegal Berjudul "TEGAL KOTAKU”"



Mr Muklis pada 09:35, 07-Okt-16
Puisinya bagus. Pantes saja dipilih bu guru, buat ikut lomba.



Postingan ini berasal dari blog lama saya ->  http://normayufebriana.mywapblog.com/membuat-puisi-ulang-tahun-kota-tegal-ber.xhtml . Saya memindahkan semua postingan saya di mywapblog dikarenakan mywapblog akan ditutup tanggal  25 November 2016.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Membuat Dialog Drama Sederhana Berjudul “Terpaksa Mencuri”

Diposting oleh Norma Ayu Febriana • Di: Bahasa Indonesia August 09, 2016 Hai semuanya.. Apa kabar? Sebenarnya tulisan ini sudah lama, cuma ngga sempat posting aja. Ya sudah langsung saja kita ke intinya. Berhubung norma sedang mengamuk di rumah (maksudnya lagi beres-beres semua buku dari mulai TK, SD, TPA, SMP + SMK), daripada semuanya dibuang percuma mendingan saya bagikan saja disini. Iya kan?:) Jadi kali ini norma akan membagikan sebuah tugas waktu kelas 8 SMP. Yaitu tugas untuk membuat sebuah drama, ya drama singkat gitu sih.. Langsung saja simak dialognya di bawah ini :) Terpaksa Mencuri Para pelaku drama: 1. Annisa 2. Selvi 3. Leni 4. Norma 5. Afifah 6. Rima Di siang hari yang panas, para pengurus OSIS sedang mengadakan rapat yang membahas tentang "BAKTI SOSIAL". Selvi : "Oh iya Norma, sudah berapa banyak uang yang terkumpul untuk bakti sosial?" Leni :

TALIBUN 6 LARIK

Diposting oleh Norma Ayu Febriana • Di: Bahasa Indonesia November 16, 2014        Selamat siang semuanya... Ketemu lagi sama Norma yang kebetulan lagi pengin posting. Hmm.. Sekalian ngilangin badmood kan gak papa yah.. Daripada ngelakuin hal yang enggak berguna, mendingan posting di blog.    Kali ini Norma mau berbagi talibun sama kamu semua. Ini talibun hak cipta temen-temen. Hehe, tapi udah ijin kok buat di posting. :)      Semoga talibun 6 lariknya bermanfaat yah kawan.. :) A. Pengertian Talibun 6 Larik      Talibun sendiri adalah sejenis puisi lama seperti pantun karena mempunyai sampiran dan isi , tetapi lebih dari 4 baris ( mulai dari 6 baris hingga 20 baris). Berirama abc-abc, abcd-abcd, abcde-abcde, dstnya . Jadi postingan saya kali ini hanya akan membahas tentang talibun 6 larik. Sedangkan pada postingan selanjutnya akan dibahas talibun 8 larik. B. Tema Talibun      Tema tali