Langsung ke konten utama

KARMINA / PANTUN KILAT

November 15, 2014



     Selamat malam semuanya. Hari ini saya ingin membahas tentang karmina atau biasa disebut pantun kilat karena hanya terdiri dari dua baris saja. Sebenarnya ini adalah postingan pertama saya di tahun 2014 ini. Setelah lama ngambil cuti di dunia blog *jiah ..akhirnya saya datang kembali dengan masalah pelajaran yang biasa saya hadapi sehari-hari.
     Disini, saya hanya ingin membagikan materi yang saya tahu dan contoh karmina yang saya ambil, bersumber dari teman-teman saya sendiri di kelas. Jadi mohon hak ciptanya, hehe :). Karena sudah membuat susah payah.
     Semoga karmina yang saya akan tampilkan di bawah, bisa memberi contoh untuk kamu yang masih bingung dalam membuat karmina / pantun kilat. Atau barangkali karmina di bawah ini bisa menginspirasi kamu dan kamu juga bisa menambahkan pantun kilat buatan kamu di kolom komentar.

     Baik, langsung saja kita membahas materi kali ini.. :)


A. Pengertian Karmina / Pantun Kilat

     Karmina atau dikenal dengan nama pantun kilat adalah pantun yang terdiri dari dua baris dan biasanya digunakan untuk menyampaikan sindiran ataupun ungkapan secara langsung.

B. Ciri-Ciri Karmina / Pantun Kilat :

> Terdiri dari 2 baris
> Bersajak a-a
> Baris 1 disebut SAMPIRAN
> Baris 2 disebut ISI
> Tiap baris terdiri dari 8-12 suku kata / 4 kata
> Antara sampiran dan isi tidak ada kaitan makna

C. Contoh Karmina / Pantun Kilat :

1. By : Norma Ayu Febriana

Pak Sulam pergi ke Cina
Selamat malam buat yang disana

2. By : Nia Yuliana
Makan bubur dengan shizuka
Orang jujur banyak yang suka

3. By : Ni'matussifa

Sudah tua makan kedondong
Ayo dari sekarang belajar dong

4. By : Nita Ariani

Toko baju ada di Marina
Apa kabar kau yang disana

5. By : Nur Afriyani

Beli kedondong di Kota Paris
Boleh kenalan dong manis

6. By : Nur Kholifatun Amanah
Burung gelatik bagus rupanya
Eneng cantik siapa yang punya

7. By : Nurlaela Inayah

Naik delman kusirnya Aji
Hai teman mari mengaji

8. By : Nurul Falakhiyati
Bapak Jokowi memakai batik
Hari ini kau terlihat cantik

9. By : Qurrota Aeni

Jambu besar milik nyonya
Kalau nyasar tinggal tanya

10. By : Rani Ramdani
Jalan-jalan sama orang gagu
Dasar kau anak belagu


     Nah, itu dia postingan Norma siang ini. Mohon maaf jika ada kesalahan dalam penulisan, untuk itu saya mengharapkan kritik dan saran yang membangun agar saya bisa memperbaiki tulisan saya selanjutnya.
     Jangan lupa isi kolom komentar di bawah. Karena saya selalu membaca komentar yang masuk setiap harinya di blog saya :) . Dan saya mohon agar berkomentar dengan bahasa yang baik.

Terimakasih . Sampai jumpa di postingan selanjutnya. :)



SUMBER : Diri sendiri, teman, guru mapel Bahasa Indonesia dan Wikipedia

 

Komentar


39 tanggapan untuk "KARMINA / PANTUN KILAT"


helsy pada 14:47, 29-Mar-15
terimakasihhhhhhhhhhhhhhhhhh atas bantuannya

doni pada 00:46, 30-Apr-15
aa

helena fitri dewi pada 08:56, 29-Mei-15
bagus kak pantun nya ajarin dong








Vina safrianda ms pada 12:50, 31-Agu-15
Makasih kak norma :)
bantuan dri kakak sangat membantu saya


Ramadhan pada 16:04, 27-Sep-15
Buat pantun lagi dong

sakila ayu pada 10:33, 06-Okt-15
Makasih , sangat membantu:)

Agus pada 13:01, 07-Okt-15
Main Gangsing Pakai Kawat
Kalau Pusing Minum Obat


thaisil pada 14:35, 14-Okt-15
Ih bikin pantun nya judul nya becak napa

suli wahyuni pada 07:20, 15-Okt-15
Pantunnya bagus ada pqntun percintaan gak klo ada buat pantun lgi dong

wati pada 02:12, 17-Okt-15
makasih kak,pantunnya bagus ;)

Kirana pada 13:10, 20-Okt-15
Bagus kok

yuda febriansyah pada 01:51, 21-Okt-15
woww keren keren pantunnya
'guokil'


juwita rizky puspita pada 13:50, 22-Okt-15
wow... bagus banget pantun nya. buat kagi dong....

hikram pada 14:16, 22-Okt-15
keren banget pantun kilatnya wowwwww... magic. goukil banget//////'''''....,,,;;;..,.

sarwan pada 15:37, 24-Okt-15
Makasih berkat pantun ini pr saya jadi deh,,,

Alfredo pada 15:42, 24-Okt-15
Engga ada pantun sindirankah ...

Sarri pada 10:09, 29-Okt-15
Mksih ya,,pr q 100 lho..;)


Sarri pada 10:10, 29-Okt-15
Mksih ya,,pr q 100 lho..;)


Sarri pada 10:11, 29-Okt-15
Mkasih ya,,,pr q 100 lho ;)

eka septi pada 07:51, 04-Nov-15
makasih bwt materi sma contoh karminanya sangat membantu

Muh Farhan pada 11:46, 05-Nov-15
Makasih pengertian dan contohnya

suwawan pada 16:43, 05-Nov-15
ringkas, padat,jelas, dan ........... coba kalau rujukannya jelas, pasti titik2 itu aku isi. he he

Irma pada 12:30, 19-Nov-15
Terimakasih kakak,sangat membantu bngt :):):)

Sutrha wyndha pada 05:42, 27-Nov-15
mksi ka pantunnya bagus banget..
hehehe


riyan pada 12:54, 29-Nov-15
Aura kasih dipanggil nyonya
Terima kasih infonyaaaaa


miko pada 06:46, 30-Nov-15
karminanya bagus mbak :::::::::::::::::::::::::::::

Musa al mehdi pada 16:38, 04-Des-15
Jago bgt kak

Sukma ayu pada 13:16, 07-Jan-16
Kak yg ciri-cirinya pantun mana?

yayuk sugiharti pada 06:35, 16-Peb-16
Terima kasih

Nurul pada 05:18, 20-Peb-16
Makasih ka, sangat membantu :)

ROSIKIN BUNTER pada 19:51, 01-Mar-16
terima kasih atas pantunnya saya boleh minta lagi ga pantunnya

entah pada 05:50, 17-Mar-16
kalian bagussemua !

sincan pada 14:03, 23-Apr-16
ikan paus ikan tongkol
kalau haus minum tehbotol


Amanda Naedya Puti pada 11:47, 19-Mei-16
Bagus pantunnya...Tapi ada yang nasihat gak??Please...Tolong bikinin dong kak :o #kasihanilah

Putri pada 17:44, 29-Mei-16
Bikinin lg dong buat guru aku yg lg ultah

Kensi pada 01:37, 28-Agu-16
Nice heheheheh pantun nya

ronni raja gukguk pada 14:17, 20-Sep-16
krenya pantunya kkkk

aliando r pada 08:30, 28-Sep-16
hmm bagus sih, cuma agak sedikit membingungkan.kek pepek

widya pada 07:02, 29-Sep-16

bagus sih pantun nya bikin orang ge'er hahahaahahahhah

Postingan ini berasal dari blog lama saya ->  http://normayufebriana.mywapblog.com/karmina-pantun-kilat.xhtml . Saya memindahkan semua postingan saya di mywapblog dikarenakan mywapblog akan ditutup tanggal  25 November 2016.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Membuat Dialog Drama Sederhana Berjudul “Terpaksa Mencuri”

Diposting oleh Norma Ayu Febriana • Di: Bahasa Indonesia August 09, 2016 Hai semuanya.. Apa kabar? Sebenarnya tulisan ini sudah lama, cuma ngga sempat posting aja. Ya sudah langsung saja kita ke intinya. Berhubung norma sedang mengamuk di rumah (maksudnya lagi beres-beres semua buku dari mulai TK, SD, TPA, SMP + SMK), daripada semuanya dibuang percuma mendingan saya bagikan saja disini. Iya kan?:) Jadi kali ini norma akan membagikan sebuah tugas waktu kelas 8 SMP. Yaitu tugas untuk membuat sebuah drama, ya drama singkat gitu sih.. Langsung saja simak dialognya di bawah ini :) Terpaksa Mencuri Para pelaku drama: 1. Annisa 2. Selvi 3. Leni 4. Norma 5. Afifah 6. Rima Di siang hari yang panas, para pengurus OSIS sedang mengadakan rapat yang membahas tentang "BAKTI SOSIAL". Selvi : "Oh iya Norma, sudah berapa banyak uang yang terkumpul untuk bakti sosial?" Leni :

Membuat Puisi Ulang Tahun Kota Tegal Berjudul "TEGAL KOTAKU”

Diposting oleh Norma Ayu Febriana • Di: Bahasa Indonesia August 09, 2016 Setelah beberapa menit yang lalu memposting sebuah dialog drama singkat, kali ini norma akan membawakan sebuah puisi untuk kalian semua. Jangan harap kalau ini adalah puisi romantis yah, kalian salah besar kalau begitu. Sebenarnya sih puisi ini udah kadaluarsa (kayak makanan ringan aja) karena udah lama banget. Seperti postingan sebelumnya yang lahir pada saat sang pemilik blog kelas 8 SMP, puisi ini pun demikian. Tujuan dari pembuatan puisi ini adalah untuk memperingati Ulang Tahun Sang Kota Tercinta yaitu Kota Tegal :*. Sebenarnya sih ini tugas dari guru bahasa Indonesia saat itu. Waktu itu saya dan teman-teman satu kelas disuruh buat puisi tentang Kota Tegal dalam waktu itu juga, saat pelajaran Bahasa Indonesia #tragisbanget,ckck. Karena saat itu gak mudah cari inspirasi, tapi akhirnya jadi juga. Kebiasaannya saya kalau b

TALIBUN 6 LARIK

Diposting oleh Norma Ayu Febriana • Di: Bahasa Indonesia November 16, 2014        Selamat siang semuanya... Ketemu lagi sama Norma yang kebetulan lagi pengin posting. Hmm.. Sekalian ngilangin badmood kan gak papa yah.. Daripada ngelakuin hal yang enggak berguna, mendingan posting di blog.    Kali ini Norma mau berbagi talibun sama kamu semua. Ini talibun hak cipta temen-temen. Hehe, tapi udah ijin kok buat di posting. :)      Semoga talibun 6 lariknya bermanfaat yah kawan.. :) A. Pengertian Talibun 6 Larik      Talibun sendiri adalah sejenis puisi lama seperti pantun karena mempunyai sampiran dan isi , tetapi lebih dari 4 baris ( mulai dari 6 baris hingga 20 baris). Berirama abc-abc, abcd-abcd, abcde-abcde, dstnya . Jadi postingan saya kali ini hanya akan membahas tentang talibun 6 larik. Sedangkan pada postingan selanjutnya akan dibahas talibun 8 larik. B. Tema Talibun      Tema tali