Langsung ke konten utama

Berbagi Pengalaman dan Makalah Matematika “Laporan Tugas Proyek Stastistika : Data Tanggal Lahir Siswi Kelas XI AK 3”

June 24, 2016

Tugas lagi tugas lagi. Namanya juga anak sekolah. Tapi, berhubung memakai kurikulum tiga belas (kutilas) maka sebagian tugas dikerjakan secara kelompok. Sebenarnya hal itu menguntungkan atau malah merugikan sih?

Menurut norma sih ada untung dan ruginya. Besarnya juga tergantung kontribusi siswa dalam mengerjakan tugas. Karena biasanya kalau tugas selalu dikerjakan secara kelompok, sudah dipastikan kelompok tersebut akan tetap. Artinya anggotanya hanya itu-itu saja. Dan yang aktif ngerjain tugas juga Cuma anak itu-itu aja. Ya kalian semua bisa menjawab sendiri deh untung ruginya. Kalau menurut norma, selagi kalian niat sekolah ya diniat-niatin lah buat ngerjain tugas. Tuh barokahnya buat kalian sendiri :)

Kali ini ada tugas matematika tentang statistika. Udah pada tau kan apa itu statistika? Itu loh, ituu :p yang ada kutil-kutilya.. Eh maksudnya kuartil. :) Untuk masalah materi tentang statistika, tidak norma jelaskan dipostingan ini ya.. Karena tujuan norma posting kali ini adalah cuma membagikan makalah. Inget tuh ! Cuma membagikan makalah ! :)

Lagian gak ada yang minta dijelasin kan tentang statistika? :p

Langsung aja deh, jadi guru matematika norma yang masih new, young and beautiful memberikan tugas lewat edmodo -waktu kelas 2 SMK lagi booming banget, sekarang gak tau :) . Tugasnya adalah untuk membuat sebuah data statistika bebas contohnya data nomor sepatu, data berat badan, dll. Nah, akhirnya pilihan norma jatuh pada data tanggal lahir teman-teman sekelas :) Setelah data diperoleh, ada beberapa pertanyaan yang harus dijawab, sebagai berikut:

a. Membuat tabel distribusi frekuensi dari data yang tersedia

b. Membuat histogram dari data yang tersedia

c. Menentukan ukuran pemusatannya, yang terdiri dari :

- Mean,

- Median, dan

- Modus.

d. Menentukan ukuran letaknya sesuai dengan perintah yang diberikan yaitu :

- Kuartil 1,

- Kuartil 3,

- Desil 7, dan

- Persentil 90.

e. Menentukan ukuran penyebarannya, yang terdiri dari :

- Jangkauan,

- Simpangan Kuartil,

- Simpangan Rata-rata,

- Ragam, dan

- Simpangan Baku.

Setelah melakukan observasi dan wawancara, diperoleh data seperti berikut : 

Untuk yang penasaran bagaimana caranya menjawab semua pertanyaan di atas, kalian bisa langsung mencari tau lewat makalah di bawah ini

Download Laporan Tugas Proyek Stastistika : Data Tanggal Lahir Siswi Kelas XI AK 3

Gimana? Sudah pada paham cara menyelesaikannya? Terima kasih yang sudah download dan jangn lupa untuk berselancar sebentar di blog pribadi saya karena insya Allah banyak postingan bermanfaat dan original yang tidak terdapat di blog-blog lain. :)

Jangan lupa untuk selalu berkomentar biar penulisnya gak lima L (lemah, letih, lesu, lunglai, dan laper) haha… Sampai jumpa di postingan berikutnya :) 
Komentar

4 tanggapan untuk "Berbagi Pengalaman dan Makalah Matematika “Laporan Tugas Proyek Stastistika : Data Tanggal Lahir Siswi Kelas XI AK 3”"

lina pada 11:15, 25-Jun-16
terima kasih ka
Norma Ayu Febriana pada 12:35, 25-Jun-16
@lina,
sama sama

Free Gratisan pada 07:50, 27-Jun-16
kalau pelajaran matematika tentang mean, median & modus saya pernah belajar disekolah saya. dan kalau tentang kuartil1, kuartil3 atau apalah yg nie baru denger.
maklum lah saya mau baru masuk smk klas 10. Thank ya sis.. buat postnya.

Norma Ayu Febriana pada 13:22, 27-Jun-16
@Free Gratisan,
oke sama sama. . barangkali mau belajar ttg kuartil dulu jg gapp.. ;)


Postingan ini berasal dari blog lama saya ->  http://normayufebriana.mywapblog.com/berbagi-pengalaman-dan-makalah-matematik.xhtml . Saya memindahkan semua postingan saya di mywapblog dikarenakan mywapblog akan ditutup tanggal  25 November 2016.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Membuat Dialog Drama Sederhana Berjudul “Terpaksa Mencuri”

Diposting oleh Norma Ayu Febriana • Di: Bahasa Indonesia August 09, 2016 Hai semuanya.. Apa kabar? Sebenarnya tulisan ini sudah lama, cuma ngga sempat posting aja. Ya sudah langsung saja kita ke intinya. Berhubung norma sedang mengamuk di rumah (maksudnya lagi beres-beres semua buku dari mulai TK, SD, TPA, SMP + SMK), daripada semuanya dibuang percuma mendingan saya bagikan saja disini. Iya kan?:) Jadi kali ini norma akan membagikan sebuah tugas waktu kelas 8 SMP. Yaitu tugas untuk membuat sebuah drama, ya drama singkat gitu sih.. Langsung saja simak dialognya di bawah ini :) Terpaksa Mencuri Para pelaku drama: 1. Annisa 2. Selvi 3. Leni 4. Norma 5. Afifah 6. Rima Di siang hari yang panas, para pengurus OSIS sedang mengadakan rapat yang membahas tentang "BAKTI SOSIAL". Selvi : "Oh iya Norma, sudah berapa banyak uang yang terkumpul untuk bakti sosial?" Leni :

Membuat Puisi Ulang Tahun Kota Tegal Berjudul "TEGAL KOTAKU”

Diposting oleh Norma Ayu Febriana • Di: Bahasa Indonesia August 09, 2016 Setelah beberapa menit yang lalu memposting sebuah dialog drama singkat, kali ini norma akan membawakan sebuah puisi untuk kalian semua. Jangan harap kalau ini adalah puisi romantis yah, kalian salah besar kalau begitu. Sebenarnya sih puisi ini udah kadaluarsa (kayak makanan ringan aja) karena udah lama banget. Seperti postingan sebelumnya yang lahir pada saat sang pemilik blog kelas 8 SMP, puisi ini pun demikian. Tujuan dari pembuatan puisi ini adalah untuk memperingati Ulang Tahun Sang Kota Tercinta yaitu Kota Tegal :*. Sebenarnya sih ini tugas dari guru bahasa Indonesia saat itu. Waktu itu saya dan teman-teman satu kelas disuruh buat puisi tentang Kota Tegal dalam waktu itu juga, saat pelajaran Bahasa Indonesia #tragisbanget,ckck. Karena saat itu gak mudah cari inspirasi, tapi akhirnya jadi juga. Kebiasaannya saya kalau b

TALIBUN 6 LARIK

Diposting oleh Norma Ayu Febriana • Di: Bahasa Indonesia November 16, 2014        Selamat siang semuanya... Ketemu lagi sama Norma yang kebetulan lagi pengin posting. Hmm.. Sekalian ngilangin badmood kan gak papa yah.. Daripada ngelakuin hal yang enggak berguna, mendingan posting di blog.    Kali ini Norma mau berbagi talibun sama kamu semua. Ini talibun hak cipta temen-temen. Hehe, tapi udah ijin kok buat di posting. :)      Semoga talibun 6 lariknya bermanfaat yah kawan.. :) A. Pengertian Talibun 6 Larik      Talibun sendiri adalah sejenis puisi lama seperti pantun karena mempunyai sampiran dan isi , tetapi lebih dari 4 baris ( mulai dari 6 baris hingga 20 baris). Berirama abc-abc, abcd-abcd, abcde-abcde, dstnya . Jadi postingan saya kali ini hanya akan membahas tentang talibun 6 larik. Sedangkan pada postingan selanjutnya akan dibahas talibun 8 larik. B. Tema Talibun      Tema tali